jasa kelola kebun
jasakelolakebun
5 Hewan Langka di Indonesia, Salah Satunya Bekantan

Kelangsungan hidup hewan-hewan tersebut terancam karena beberapa hal. Salah satunya akibat dari agresifnya manusia dalam membuka hutan untuk dijadikan lahan produktif.

Ancaman terhadap hewan semakin terlihat nyata ketika hutan mulai tak perawan lagi. Hutan yang selama ini jadi tempat tinggal yang nyaman menjadi tak lagi aman. 

Situasi diperparah dengan adanya perburuan hewan untuk diperjualbelikan secara ilegal. Sudah banyak kasus yang ditangani kepolisian tentang perdagangan hewan langka yang dilindungi.

Dari data tahun 2015-2017 yang dirilis di Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 15 hewan langka di Indonesia. Satwa tersebut terancam punah karena jumlahnya terus berkurang. 

Satwa tersebut di antaranya Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak, Banteng, Owa, Orang Utan, Bekantan, Komodo, Jalak Bali, Babi Rusa, Maleo, Anoa, Elang, Tarsius dan Monyet Hitam Sulawesi.

Dari daftar tersebut, dalam artikel ini akan dibahas lima hewan langka yang terancam punah di Indonesia. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Harimau Sumatera

Ilustrasi harimau Sumatera. [Shutterstock/Vladimir Wrangel]

Ilustrasi harimau Sumatera. [Shutterstock/Vladimir Wrangel]

Harimau Sumatera termasuk hewan langka yang terancam punah di Indonesia. Harimau Sumatera ini merupakan satu-satunya spesies harimau yang masih bertahan di Indonesia. Sementara Harimau Jawa dan Harimau Bali sudah dinyatakan punah.

Harimau Sumatera ini semakin langka karena adanya penggundulan hutan di Sumatera. Ada banyak hutan perawan yang dibuka untuk dijadikan lahan produktif, seperti perkebunan sawit dan penambangan liar.

Sering terjadi kasus antara Harimau Sumatera dan pekerja tambah atau perkebunan. Alhasil, beberapa kali harimau ditemukan masuk dalam perangkap yang dibuat manusia. Kasus ini harus jadi pelajaran ke depan agar Harimau Sumatera tak menyusul Harimau Jawa dan Bali.

2. Owa Jawa

Pelepasliaran Owa Jawa di Kawasan Cagar Alam Gunung Tilu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/10).

Owa Jawa termasuk dalam hewan langka di Indonesia yang terancam punah. Bentuk dan warnanya yang unik membuat Owa Jawa kerap diburu untuk diperjual belikan secara ilegal.

Dari data yang dirilis BPS tahun 2017, ada 492 ekor owa jawa yang masih terpantau. Owa Jawa yang masih bertahan wajib dikembangbiakkan dengan bantuan manusia agar populasinya kembali naik, sebelum dilepas-liarkan kembali.

Mengutip Orami, sebagian besar Owa Jawa ini berada di hutan provinsi Banten dan Jawa Barat. Namun ada juga yang ditemukan di Jawa Tengah.

3. Maleo

5 Hewan Langka di Indonesia, Salah Satunya Bekantan - 2

Maleo merupakan burung endemik di Pulau Sulawesi. Maleo terlihat cantik dengan warna badannya yang hitam pada bagian atas, dan oranye pada bagian bawah.

Burung ini dapat ditemukan di pantai berpasir panas atau pegunungan. Maleo dikenal sebagai burung yang cerdik. Maka tak heran maleo termasuk burung yang kerap diburu untuk diperjualbelikan.

Pada 2021 lalu, maleo sukses berkembang biak dengan pesat. Terdapat 24.970 ekor anak burung maleo yang dilepasliarkan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Diharapkan anak-anak maleo itu bisa tumbuh besar dan berkembang biak lagi.

4. Bekantan

Bekantan, satwa langka yang terancam punah karena kerusakan lahan gambut. (Foto: Ardiles Rante - Pantau Gambut)

Bekantan, satwa langka yang terancam punah karena kerusakan lahan gambut. (Foto: Ardiles Rante - Pantau Gambut)

Bekantan merupakan salah satu primata yang hidup di Indonesia. Bekantan mudah dikenali karena memilikii hidung yang besar. Berat dari seekor bekantan berkisar antara 16-23 kilogram.

Bekantan terancam punah karena tingkat populasinya yang sempat mengalami penurunan. Dari data BPS tahun 2017, jumlah bekantan yang terpantau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tercatat hanya 1365 ekot saja.

5. Monyet Hitam Sulawesi

Monyet Hitam Sulawesi termasuk hewan langka di Indonesia yang terancam punah. Dari data BPS pata tahun 2017, tercatat monyet hitam Sulawesi yang terpantau hanya tersisa 63 ekor saja.

Monyet Hitam Sulawesi memiliki nasib sama dengan Owa Jawa. Bentuknya yang unik membuat hewan ini menjadi salah satu buruan untuk jual beli ilegal.

Demikian pembahasan mengenai lima hewan langka yang terancam punah di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah kepedulian kita terhadap satwa endemik Indonesia.

Most Liked Articles
Follow on Instagram